• 0274 617885
  • keperawatan@poltekkesjogja.ac.id

KEGIATAN DESA BINAAN 2018 HMJ KEPERAWATAN

KEGIATAN DESA BINAAN 2018 HMJ KEPERAWATAN

Desa Binaan Jurusan Keperawatan merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memberikan upaya kesehatan preventif dan promotif kepada masyarakat. Acara ini dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 6 Mei 2018 di SD Negeri Mayangan dengan sasaran warga rentang usia 28-48 tahun Dusun Mayangan, Trihanggo, Gamping, Sleman dengan tema peningkatan kemampuan masyarakat dalam penanganan kegawatdaruratan dan pencegahan penyakit TBC. Acara ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing 3 orang, delegasi BEM 2 orang, delegasi BLM 1 orang, delegasi HMJ Gizi 1 orang, delegasi HMJ Kesehatan Lingkungan 1 orang, Kepala Dusun Mayangan 1 orang, Warga Dusun Mayangan 100 orang, Pengurus HMJ 28 orang.

Minggu tanggal 6 Mei 2018, acara dimulai pada pukul 13.00 dengan dilaksanakan registrasi tamu undangan. Setelah semua tamu undangan datang, pada pukul 13.30 acara dimulai oleh pembawa acara Saudari Sukma Wikantari. Kemudian acara yang pertama, Laporan Ketua Acara oleh Fajar Nur Azizah. Acara kedua yaitu sambutan dosen pembimbing oleh Bapak Maryana, S.Psi., S.Kep., Ns., M.Kep., lalu dilanjutkan dengan sambutan Kepala Dusun Mayangan yang diwakili oleh Ibu Giran selaku istri.

Acara berikutnya, penjelasan materi dan praktik kegawatdaruratan disertai penyuluhan penyakit TBC yang dioperatori oleh Saudari Agnesya Triyuni Lestari. Penyampaian materi kegawatdaruratan dan penyakit TBC dipaparkan oleh Bapak Maryana, S.Psi., S.Kep., Ns., M.Kep. Setelah penyampaian materi, dilakukan diskusi materi oleh warga dan pemateri, lalu dilanjutkan dengan praktik kegawatdaruratan secara mandiri dalam kelompok yang didampingi panitia pada setiap kelompoknya. Para tamu undangan yang hadir dibagi dalam tiga kelompok, kelompok pertama melakukan praktik RJP yang dipimpin oleh Muhammad Afif Fadhil ditemani Muhammad Abdul Aziz, kelompok kedua praktik menggunakan balut bidai oleh Siti Nur Rohmawati dan Aisah Ayu Melati, sedangkan kelompok ketiga melakukan praktik transportasi, imobilisasi, evakuasi yang didampingi oleh Tanta Sulistyana dan Nabila Setara.

Acara selanjutnya, pemeriksaan kesehatan berupa penghitungan Indeks Massa Tubuh (IMT) oleh Saudari Chitra Meytarizqi, Erva Ayu Rohmadiana, dan Annisa Nur Khasanah. Selain itu, ada pengukuran tekanan darah oleh Saudari Citra Putri Ramadanti, Yolandita Hanna Mayastika, Rizka Anisa Angeliyansari, Laksminda Diah Sunarya, Elma Fikriana, dan Candra Devi Kumalasari. Setelah pelayanan kesehatan, dilakukan juga pembagian doorprize untuk para warga yang beruntung dan pembagian leaflet mengenai kegawatdaruratan serta penyakit TBC. Acara yang terakhir yaitu memberikan kenang-kenangan kepada Kepala Dusun Mayangan oleh Ketua Panitia dilanjutkan penutupan acara.

Hasil kegiatan desa binaan, berjalan sesuai estimasi waktu yang dirancangkan oleh panitia. Para warga antusias dalam penyampaian materi serta praktik kegawatdaruratan dan turut aktif dalam diskusi mengenai penyakit TBC. Rangkaian acara juga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Demikian laporan kegiatan Desa Binaan Jurusan Keperawatan. Apabila ada kesalahan yang kami lakukan dalam membuat laporan ini, kami selaku panitia acara memohon maaf. Kami menerima kritik dan saran untuk laporan ini, agar lebih baik dalam penyusunan kedepannya. Atas perhatian, kritik, dan saran yang diberikan, kami ucapkan terima kasih. (HMJ KEPERAWATAN)

adminperawat

Leave your message

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.