• 0274 617885
  • keperawatan@poltekkesjogja.ac.id

Prodi Keperawatan Anestesiologi

Profil

Target 3.1 Sustainable Development Goals (SDG’s) pada tahun 2030 adalah mengurangi Angka Kematian Ibu hingga di bawah 70 per 100.000 kelahiran hidup. Namun untuk pencapaian target tersebut terkendala akan ketersediaan tenaga kesehatan. Masih banyak rumahsakit yang belum memiliki dokter spesialis. Oleh karena itu diperlukan upaya pengalihan tugas (taskshifting) yang melibatkan redistribusi rasional tugas antara tim tenaga kesehatan. Sebagai respons kondisi tersebut maka salah satu upaya Kementrian Kesehatan adalah menyusun kebijakan peningkatan ketersediaan penata anestesi sebagai mitra spesialis dokter spesialis anestesi, bedah dan obstetrik-ginekologi.

Guna mendukung kebijakan Kementerian Kesehatan tersebut, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dari SMU untuk dididik sebagai Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi dengan gelar lulusan S.Tr.Kes. (Kepmenristek Dikti No. 257/M/KPT/2017 tentang Nama Program Studi Pada Perguruan Tinggi) dan memiliki bidang pekerjaan sebagai PENATA ANESTESI dengan kompetensi level 6 KKNI.

Prodi Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi (yang dulu Prodi D-IV Keperawatan Anestesi Reanimasi) telah meluluskan 263 orang sejak tahun 2008. Program Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi dirancang untuk menghasilkan Penata Anestesi profesional dalam melaksanakan kepenataan pre-anestesi, intra-anestesi dan pasca-anestesi di tatanan pelayanan RS baik di ruang operasi maupun mengelola ruang Post Anaesthesia Care Unit (PACU).

DASAR HUKUM
Dasar hukum penyelenggaraan Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Anestesiologi adalah Surat Keputusan Kemenristek Dikti No. 389/KPT/I/2018 tanggal 4 Mei 2018 tentang Ijin Pembukaan Program Sarjana Terapan Prodi Keperawatan Anestesiologi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

KEUNGGULAN
1. Berstatus NEGERI
2. Berpengalaman menyelenggarakan Prodi D-IV Keperawatan Anestesi Reanimasi sejak tahun 2008 (berdasarkan SK Menkes RI No. OT.01.01.1.4.2.00636.I tanggal 6 Februari 2008) dan mendapatkan Status Akreditasi A (berdasarkan SK Kapusdiklatnakes Kemenkes No. HK.06.01/III/3/02419/2011 tanggal 30 Desember 2011)
3. Lulusan 100% lulus UKOM Penata Anestesi
4. Lulusan telah terserap ke dunia kerja 100% dengan masa tunggu kurang dari 3 bulan
5. Memiliki dosen tetap Dokter Spesialis Anestesi dan instruktur Penata Anestesi
6. Memiliki laboratorium kamar operasi lengkap dengan beberapa seri mesin anestesi
7. Lahan praktik di beberapa Rumah Sakit Umum Pusat/Daerah dan Swasta di wilayah DIY, Propinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur
8. Kerjasama dengan Hospital Canselor Tuanku Muhriz Pusat Perubatan Universiti Kebangsaan Malaysia dan National University of Singapore

LAMA PENDIDIKAN DAN BEBAN STUDI
Lama pendidikan 8 semester dengan beban SKS sebesar 147 SKS.

TUJUAN PENDIDIKAN
Setelah menyelesaikan pendidikan, peserta didik diharapkan mampu melaksanakan asuhan kepenataan pre-anestesi, intra-anestesi dan pasca-anestesi serta mampu melaksanakan tugas pelimpahan dari Dokter Spesialis Anestesi sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 18 Tahun 2016 tentang Izin Dan Penyelenggaraan Praktik Penata Anestesi.

KUALIFIKASI DOSEN
Staf pengajar dari Jurusan Keperawatan dan Institusi Pelayanan Kesehatan dengan kualifikasi pendidikan D-IV Keperawatan Anestesi Reanimasi, S1, S2, dan Spesialis Anestesi yang berpengalaman dan profesional pada bidangnya.

DAYA TAMPUNG DAN MEKANISME PENDAFTARAN
Kelas Reguler memiliki daya tampung 40 mahasiswa. Pendaftaran melalui mekanisme Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Poltekkes Yogyakarta
Program Studi Diploma III, Sarjana Terapan, dan Profesi Tahun Akademik 2018/2019. Pendaftaran VIA ONLINE melalui sipenmaru.poltekkesjogja.ac.id.

BIAYA KULIAH
Pembiayaan berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 264/PMK.05/2016 tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Politeknik Kesehatan Yogyakarta Pada Kementerian Kesehatan.