Pelatihan Softskill Himpunan Mahasiswa Progam Studi Sarjana Terapan Keperawatan



28 Feb 2023




Himpunan Mahasiswa Progam Studi Sarjana Terapan Keperawatan telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Softskill di Ruang Garuda 3 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta secara online menggunakan platform zoom meeting pada Sabtu Pahing (25/02/2023).

Acara dibuka oleh Bapak Bondan Palestin, SKM. M.Kep. Sp.Kom selaku Ketua Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini memiliki tema yaitu “Membangun Jiwa Kepemimpinan yang Berkarakter pada Generasi Milenial”. Dalam sambutannya, Bapak Bondan mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan Softskill ini sangat penting terutama bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebagai langkah Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk mengembangkan membangun Soft Skill mahasiswa selain itu juga Pelatihan Soft Skill ini juga bermanfaat untuk menjadi ajang latihan mahasiswa dalam dunia kerja, karena selain IPK (prestasi) tentunya soft skill juga berperan penting dalam dunia kerja. Kegiatan ini diikuti oleh 280 peserta yang terdiri dari mahasiswa jurusan keperawatan dan beberapa jurusan lain di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Harapannya kegiatan ini dapat mengembangkan dan meningkatkan soft skill mahasiswa terutama dalam motivasi berprestasi, kemampuan berpikir kritis, komunikasi asertif, dan public speaking.

Adapun materi dalam kegiatan Pelatihan Softskill HMPS Str Keperawatan 2022 ini yang pertama disampaikan oleh Ibu Sari Candra Dewi, SKM, M.Kep. dengan materi "Creative Thinking Skill". Ibu Sari memaparkan bahwa Creative thinking skill/pola pikir kreatif merupakan suatu kemampuan untuk berpikir secara luas serta mampu untuk menciptakan solusi dengan ide-ide baru. Kemampuan berpikir kritis itu penting karena dapat memahami masalah dari berbagai sudut pandang, terus mencoba mencari cara baru untuk menjadi sebuah solusi. Adapun jenis-jenis creative thinking Divergent thinking, Lateral thinking, Inspirational thinking, System thinking, Aesthetic thinkingCreative thinking bukanlah suatu bakat akan tetapi kemampuan yang bisa dipelajari dan diasah.

Materi yang kedua disampaikan oleh Ibu Eko Suryani, S.Pd, S.Kep, MA. dengan materi "Cara Membangun Mindset yang Unggul". Ibu Eko memaparkan bahwa Mindset merupakan sekumpulan kepercayaan atau pikiran yang membentuk bagaimana seseorang melihat dunia dan diri sendiri. Growth mindset adalah cara berpikir berkembang terhadap diri sendiri sehingga dapat mempengaruhi perasaan untuk meningkatkan kecerdasan dan kemampuan yang dimiliki. Cara membangun growth mindset :Mengakui ketidaksempurnaan, Mengakui ketidaksempurnaan, Hadapi tantangan, Hapus pikiran negative, Keluar dari zona nyaman.

Dan materi yang ketiga disampaikan oleh Mas Muhammad Afif Fadhil Wicaksono, S.Tr.Kep. dengan materi "Pentingnya Soft Skill dalam Menunjang Dunia Kerja". Mas Afif memaparkan bahwa Softskill tidak jauh kalah penting dari Hardskill. Mantapkan diri, tetapkan, dan niatkan tujuan mengapa kuliah di keperawatan. Biasakan 3A, yaitu Asih, Asuh, dan Asah. Biasakan diri untuk menjadi mahasiswa keperawatan polkesyo yang memiliki etika dan perilaku yang baik. Ingat bahwa IPK ada di urutan ke 17. Jadilah mahasiswa yang Aktif, Kreatif, dan Inspiratif.