To More HMPS STR Keperawatan dan Profesi Ners



11 May 2023




Himpunan Mahasiswa Progam Studi Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners telah melaksanakan kegiatan To More (Tutor dan Motivasi Berprestasi) di Ruang Garuda 3 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta secara online menggunakan platform zoom meeting pada Sabtu Kliwon (25/03/2023).

Acara dibuka oleh Bapak Ns.Maryana,S.SiT.,S.Psi.,S.Kep.,M.Kep selaku Ketua Prodi Sarjana Terapan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Kegiatan ini memiliki tema yaitu “Kenali Diri dan Optimalkan Potensi Demi Raih Prestasi”. Dalam sambutannya, Bapak Maryana mengatakan bahwa kegiatan To More (Tutor dan Motivasi Berprestasi) ini sangat penting terutama bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta sebagai langkah Poltekkes Kemenkes Yogyakarta untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang cara memotivasi diri serta mengembangkan potensi, khususnya agar berprestasi baik di bidang akademik maupun nonakademik. Kegiatan ini diikuti oleh 225 peserta yang terdiri dari mahasiswa jurusan keperawatan dan beberapa jurusan lain di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan motivasi dalam diri dan mengembangkan potensi bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Adapun materi dalam kegiatan To More (Tutor dan Motivasi Berprestasi) HMPS Sarjana Terapan Keperawatan dan Profesi Ners 2023 ini yang pertama disampaikan oleh Mas Abiyyu Naufal Susanto, S.Tr.Kep., Ns. dengan materi “Kenali Diri, Tingkatkan Potensi, Raih Prestasi”. Mas Abiyyu memaparkan bahwa cara mengembangkan diri dan mengaktualisasi diri yaitu dengan bersikap dan berpikir positif tentang sesama, membiasakan mengucapkan terima kasih, membiasakan diri mengatakan hal-hal yang membahagiakan orang lain, serta membiasakan berbicara efektif. Adapun hambatan dalam mengembangkan potensi diri diantaranya adalah tidak memiliki tujuan hidup yang tergambar dengan jelas, kurang termotivasi untuk memobilisasi kemampuan yang ada pada diri, enggan untuk mengenali dirinya sendiri, dan tidak mau menerima umpan balik.

Materi yang kedua disampaikan oleh Mas Joko Tigo Narimo Bekti dengan materi “Strategi Terkini Meraih Prestasi “. Mas Joko memaparkan bahwa strategi merupakan suatu perencanaan jangka panjang yang disusun untuk menghantarkan pada suatu pencapaian akan tujuan dan sasaran tertentu. Pondasi strategi meliputi mengenal potensi diri, memiliki tujuan/target, serta mau berkembang dan berubah. Untuk memudahkan proses kita dalam mencapai staregi, yang kita butuhkan adalah doa, usaha, ikhtiar, dan tawakal.

Dan materi yang ketiga disampaikan oleh Mba Luthfiani Syafa dengan materi “Improving Productivity To Achieve More”. Mba Syafa memaparkan bahwa produktif adalah mampu menghasilkan terus dan dipakai secara teratur untuk membentuk unsur-unsur baru. Produktif sangat penting bagi kita agar kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, meningkatkan kapasitas diri, dan membangun personal branding. Tips agar produktif diantaranya dengan list kegiatan, membuat jadwal, menentukan prioritas, membuat kategori kegiatan dan konsisten, kemudian ambil kesempatan yang ada dan ubah pola pikir positif serta jangan takut untuk gagal. Adapun tips-tips agar berprestasi diantaranya dengan mengikuti program pengasah skill, menentukan potensi diri tetapi jangan terlalu dibatasi, dan menentukan target.