Webinar Nasional Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan "Peran Perawat dalam Eliminasi TBC"



26 Sep 2022




Himpunan Mahasiswa Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan telah melaksanakan kegiatan Webinar Nasional yang dilaksanakan pada hari Sabtu Legi, 17 September 2022 disiarkan langsung diruang garuda 3 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta secara online menggunakan Zoom Meeting Room dan Youtube Jurusan Keperawatan yang tembus 2 ribu penonton.

Webinar Nasional ini acara dibuka oleh Ibu Heni Puji Wahyuningsih, S.SiT.,M.Keb Wakil Direktur 1 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Kegiatan ini memiliki tema yaitu “Peran Perawat Dalam Eliminasi TBC” dalam sambutannya Ibu Heni mengatakan Tujuan dari webinar nasional ini memberikan ruang untuk perawat dalam berperan mencegah TBC agar derajat kesehatan Indonesia meningkat.

Adapun sistem pelaksanaan webinar nasional ini dimulai dari pendaftar yang berjumlah 1.326 peserta hal tersebut jauh dari batas yang ditentukan panitia, melihat antusias peserta zoom yang dipakai hanya bisa menampung 500 orang sehingga sisanya bisa bergabung melalui streaming youtube. Hal ini menurut panitia sangat besar jumlah pesertanya dibanding tahun-tahun lalu. Peserta terdiri dari 8 dosen, 1.255 mahasiswa, 58 perawat, 5 tenaga kesehatan lainya. Dalam webinar tersebut diisi dengan materi asuhan keperawatan bagi pasien TBC yang disampaikan oleh Ibu Ns. Harmilah,S.Kep.,M.Kep.,Sp.MB yang menyampaikan materi selama 35 menit dilanjut materi kedua yaitu Teknik komplementer sujok untuk penanganan pasien TBC yang disampaikan oleh Bapak SJT. Beni Dwi Wantoro,S.Kep.,Ns.,MH menyampaikan materi selama 35 menit lalu dilajut dengan ice breaking yang diisi senam selama 15 menit, melihat antusias peserta senam maka, dari panitia mengambil 2 pemenang yang akan mendapatkan hadiah. Setelah ice breaking, dilajut materi terakhir yaitu promosi Kesehatan untuk keberlangsungan hidup bagi pasien TBC yang disampaikan oleh Ibu Rosa Delima Ekawantini,S.Kp.,M.Kes menyampaikan materi selama 35 menit. Tibalah di penghujung acara yaitu penutup. Peserta juga memberikan feedback yaitu melalui link evaluasi yang berisi saran dan tanggapan yang positif bahkan ada yang menuliskan acaranya bagus.